Risiko Operasi Lutut yang Perlu Diwaspadai

Operasi lutut atau penggantian sendi perlu dilakukan pada orang-orang yang mengalami nyeri sendi parah saat beraktivitas. Biasanya lansia yang sudah berusia lanjut acap mengalami radang sendi karena faktor usia tersebut. Untuk mengembalikan lutut berfungsi normal seperti semula, perlu dilakukan operasi lutut baik parsial atau keseluruhan. Biaya operasi lutut memang lebih mahal, tapi mampu mengembalikan kinerja lutut Anda kembali.

Beberapa Hal Penting Selama Masa Pemulihan Pasca Operasi Lutut

Pengobatan osteoarthritis memang bisa dilakukan di rumah mulai dengan penerapan gaya hidup sehat, tetap beraktivitas, terapi panas atau dingin, dan mengkonsumsi omega 3 secara rutin. Meskipun demikian, radang sendi tidak bisa sembuh sepenuhnya karena faktor degeneratif pada lansia. Anda bisa melakukan operasi lutut dengan mempertimbangkan biaya operasi lutut mulai 70 jutaan rupiah.

Read More

Setelah melakukan prosedur operasi lutut bersama dokter ortopedi terkait, Anda harus melakukan masa pemulihan sesuai arahan dari staf rumah sakit. Berikut beberapa risiko yang bisa dialami setelah melakukan operasi lutut yaitu :

1. Perlu alat bantu berjalan

Setelah menjalani rawat inap mulai 4-7 hari, Anda baru boleh pulang dengan alat bantu saat berjalan. Selama beberapa minggu kedepan, Anda akan berjalan memakai kruk atau tongkat.

2. Merasa kurang nyaman

Bahwasanya Anda harus tahu bahwa lutut buatan memang tidak senyaman lutut asli sehingga aktivitas kurang seoptimal biasanya, misalnya Anda tidak nyaman saat berlutut atau ibadah bagi umat muslim.

3. Komplikasi umum

Hal ini bisa terjadi karena efek pemberian anestesi, pendarahan yang berlebihan, penggumpalan darah di dalam pembuluh darah vena dalam atau DVT yang memungkinkan pasien alami komplikasi.

Beberapa komplikasi umum yang mungkin terjadi antara lain tulang terbelah saat lutut pengganti dimasukkan, masalah pada saraf, kerusakan pembuluh darah, kerusakan ligamen atau tendon, infeksi di lutut, dislokasi, tidak mengalami kenyamanan lutut, nyeri hebat, kaku, dan kehilangan kemampuan gerak pada lengan dan tangan.

4. Risiko saat latihan pasca operasi

Pada masa pemulihan dan rehabilitasi, dokter akan menyarankan beberapa latihan yang baik untuk mengembalikan kesehatan lutut secara normal. Lakukan latihan sesuai saran dari dokter terkait, ya! Ada risiko sakit lutut dan bengkak setelah latihan yang bisa Anda atasi dengan melakukan terapi dingin atau kompres memakai handuk air es.

Pada jenis latihan yang berat, sebaiknya Anda mengenali batas kemampuan diri sendiri agar tidak terlalu terforsir melakukan latihan tersebut. Pasalnya, latihan yang terlalu berat bisa membuat Anda mengalami risiko kelelahan ekstrim, sesak napas, rasa sakit dan pegal berhari-hari, dan ketidakmampuan tubuh untuk tidur yang nyaman.

Ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter ortopedi terbaik agar bisa melakukan persiapan, prosedur dan pemulihan yang aman dan minim risiko. Konsultasikan biaya operasi lutut yang sesuai dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan selama menjalani prosedur bedah ini, ya! Pastikan Anda mendapatkan fasilitas kunjungan perawat untuk mengecek pemulihan kesehatan tubuh pasca operasi di rumah secara berkala, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.