Punya Riwayat Alergi Dingin? Inilah Tips SehatQ.com untuk Atasi Alergi Dingin

Punya-Riwayat-Alergi-Dingin?-Inilah-Tips-SehatQ.com-untuk-Atasi-Alergi-DinginIndonesia merupakan negara tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Keduanya memberikan dampak bagi keseimbangan alam di Nusantara. Tak jarang ketika musim kemarau beberapa daerah mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Ketika musim penghujan pun rawan akan banjir dan tanah longsor. Di musim penghujan pula suhu menurun menjadi lebih dingin daripada biasanya. SehatQ.com memberikan tips bagi Anda yang alergi terhadap dingin.

Alergi dingin merupakan reaksi dari kulit terhadap suhu yang dingin dan muncul setelah beberapa menit terkena suhu dingin. Biasanya terjadi pada anak muda dan orang dewasa yang mempunyai detak jantung lemah dan juga kulit sensitif. Tanda dari alergi ini muncul adalah kulit menjadi merah dan timbul biduran (hives) serta pembengkakan tangan ketika Anda memegang benda dingin.

Read More

Tips Mengatasi Alergi Dingin

Apabila Anda mengalami alergi terhadap dingin, biasanya akan hilang dalam hitungan minggu atau bulan. Sejauh ini tidak ada obat untuk kondisi alergi dingin ini, tetapi terdapat beragam langkah perawatan dan pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk meringankannya. Berikut tipsnya:

1. Menghindari berada di daerah dengan suhu dingin

Indonesia mempunyai daerah dengan suhu dingin yang terbilang ekstrem, hampir mencapai 0 derajat celcius. Apabila Anda sudah mengetahui bahwa Anda menderita alergi dingin, sebisa mungkin hindarilah daerah-daerah tersebut. Seperti di puncak gunung pada pagi hari, di daerah Dieng Wonosobo atau daerah lain yang mempunyai suhu lebih rendah daripada tempat tinggal Anda biasanya.

Anda dapat memanfaatkan perkiraan cuaca dan prediksi suhu dari smartphone Anda sebelum memutuskan untuk berwisata dan bepergian ke daerah tertentu. Apabila Anda mempunyai agenda wajib di situ, cobalah gunakan pakaian yang hangat seperti mantel tebal, sarung tangan dan tutup kepala yang melindungi dari dingin.

2. Sedia Obat Antihistamin

Untuk mengatasi gejala ringan dari alergi dingin dan mencegah reaksi menjadi parah, antihistamin perlu dikonsumsi untuk menghambat melepasnya zat kimia histamin yang menyebabkan gejala muncul. SehatQ.com menyarankan agar Anda dapat mengonsumsi obat ini sebelum memutuskan untuk berada di lingkungan dengan suhu dingin. Contoh dari obat ini adalah loratadine dan desloratadine.

3. Adrenaline auto-injector

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter apabila mempunyai riwayat reaksi sistemik. Biasanya dokter akan menyuruh Anda untuk membawanya setiap saat ketika bepergian. Obat ini akan membantu melakukan pencegahan serta menangani reaksi-reaksi yang serius pada tubuh Anda ketika bersentuhan dengan cuaca dingin.

4. Menghindari makanan dan minuman dingin

Selain suhu di suatu tempat, makanan dan minuman dingin dapat membuat reaksi tubuh penderita alergi dingin mengalami beberapa gangguan dan menimbulkan gejala. Hindari makan dan minum dingin terutama di malam hari dimana hal tersebut dapat menyebabkan tenggorokan Anda sakit.

Apabila Anda mengalami reaksi kulit begitu setelah terpapar suhu dingin untuk pertama kalinya, segeralah tanya dokter dan berkonsultasi. Melalui SehatQ.com Anda dapat memanfaatkan forum diskusi dan tanya jawab yang tersedia. Anda cukup memastikan terhubung dengan internet untuk menjalankan komunikasi jarak jauh.

Alergi dingin memang menghambat aktivitas penderita sehingga perlu untuk dicegah. Melalui forum tanya jawab, dokter dari SehatQ.com akan memberikan solusi atas pemasalahan Anda. Anda juga bisa mendapatkan obat-obatan yang diperlukan untuk mencegah alergi dingin tersebut langsung dari online store SehatQ yang mudah, kredibel dan harga terjangkau untuk semua produk kesehatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *