Kiat Mengatur Thermostat Kulkas yang Wajib Anda Pahami

Kulkas atau freezer bukan barang baru di rumah masyarakat modern dewasa ini. Mayoritas keluarga sudah memiliki lemari pendingin guna membantu menyimpan makanan atau minuman. Pastikan Anda membeli produk kulkas yang memiliki kredibilitas terpercaya sehingga garansi menjamin kulkas Anda bisa bertahan lebih lama. Pastikan pula Anda tahu cara mengatur thermostat kulkas agar suhu dingin bisa didapatkan sesuai keinginan, ya!

Read More

3 Cara Mengatur Suhu Kulkas Anda

Cara kerja thermostat kulkas adalah mengatur suhu kulkas Anda agar tetap dingin dan bisa menyimpan makanan atau minuman dalam waktu lama. Bila ada indikasi kerusakan pada thermostat, maka bisa dipastikan kulkas Anda menjadi kurang dingin dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Penumpukan bunga es di dalam freezer yang berlebihan bisa menjadi tanda bahwa komponen kelistrikan atau thermostat mulai rusak.

Supaya Anda memiliki kulkas atau freezer rumah yang bisa bekerja secara optimal, sebaiknya ketahui cara mengatur suhu kulkas atau thermostat dengan baik berikut :

1. Menyetel thermostat tidak begitu dingin

Bila Anda ingin suhu kulkas tidak terlalu dingin, maka bisa memutar baut ring suhu dengan metode berlawanan arah jarum jam. Anda bisa memutar setengah putaran saja untuk mengetahui hasil suhu yang diinginkan dan bisa menambahkan putaran bila suhu tidak begitu dingin masih terasa kurang.

2. Mengatur thermostat lebih dingin

Bila Anda menyimpan makanan beku atau jenis daging di freezer kulkas, maka pastikan suhu thermostat sudah pas atau dingin. Bila thermostat dirasa kurang dingin, cobalah melakukan cara pengaturan suhu yang berkebalikan dengan poin nomor satu. Anda bisa memutar baut ring suhu dengan metode searah jarum jam, ya! Bila kompresor kulkas tidak mau mati saat Anda memutar baut ring suhu setengah putaran, maka bisa menambahkan setengah putaran arah jarum jam lagi.

3. Mengatur thermostat memiliki waktu perpanjangan untuk kompresor menyala

Bila Anda sudah mengatur suhu kulkas lebih dingin dengan memutar baut ring suhu satu putaran jarum jam sampai kompresor mati, maka Anda juga bisa menambahkan waktu perpanjangan untuk kompresor menyala lagi. Caranya adalah memutar baut diferential di dekat pin soket thermostat untuk memberi jeda kompresor kembali menyala sekitar 10-15 menit.

 Bila Anda melakukan pengaturan thermostat ini, maka tekanan gas kulkas bisa lebih seimbang sehingg kinerja kompresor tidak begitu berat saat kembali hidup. Kulkas bisa lebih awet sebab Anda tahu cara mengatur thermostat dengan benar.

Beberapa cara mengatur thermostat kulkas di atas wajib Anda ketahui guna melakukan pengaturan suhu pendinginan kulkas bisa sesuai keinginan. Pengaturan yang pas dan maksimal bisa menjaga komponen kulkas tidak mudah rusak, berkarat dan lain-lain. Bila thermostat rusak, maka bunga es bisa menumpuk di kulkas, suhu tidak normal dan menyebabkan tingkat kelembaban lebih lama yang bisa membuat kulkas alami korosif. Biaya bisa lebih banyak untuk perbaikan, apalagi ada komponen kulkas yang rusak dan perlu penggantian komponen baru.

Meskipun Anda bisa memutar baut ring suhu pada kulkas, tetapi ada baiknya Anda mempertimbangkan pilih kulkas yang lebih berkualitas. Di era modern seperti sekaang, kulkas yang berkualitas memakai sistem thermostat kulkas elektrik yang bisa bekerja mengatur suhu secara otomatis. Anda bisa mempertimbangkan beli kulkas satu pintu atau dua pintu sesuai kebutuhan, asal memilih merek kulkas yang terpercaya. Jaminan garansi kulkas bertahun-tahun bisa menguntungkan Anda selama tahu cara merawat komponen kulkas dengan baik, ya!

 

Sumber

https://bengkelkelilingjogjakarta.blogspot.com/2016/05/cara-setting-thermostat-kulkas-freezer.html

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *