Kadar Asam Urat Tinggi, Kenali Bahan Alami untuk Mengatasinya!

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang acap dikeluhkan oleh lansia, tetapi orang dewasa yang berada pada usia produktif bisa mengalami hal yang sama. Cari tahu gejala asam urat yang tinggi pada usia produktif seperti timbul warna kemerahan pada sendi, bengkak, sendi terasa hangat, dan mulai kesulitan bergerak atau berjalan. Faktor penyebab penyakit asam urat yang diderita orang tua atau usia produktif bisa dikarenakan faktor genetik, riwayat penyakit tertentu atau gaya hidup yang tidak sehat.

Read More

5 bahan alami yang bisa meredakan rasa sakit asam urat

Asam urat tidak bisa disembuhkan dengan maksimal, tetapi Anda bisa menekan risiko asam urat kambuh sehingga menyulitkan aktivitas sehari-hari. Selain cari tahu gejala asam urat yang tinggi karena gaya hidup millenial jaman sekarang, sebaiknya Anda juga memahami beberapa bahan alami yang direkomendasikan untuk mengatasi asam urat yaitu :

1. Jahe

Coba buat minuman hangat dengan tambahan jahe untuk meredakan rasa sakit pada sendi Anda. Jahe mengandung gingerol, gingerdione dan zingeron yang memiliki sifat antiinflamasi sehingga bisa mencegah peradangan pada sendi semakin parah. Tanaman tradisional yang acap dijadikan rempah masakan ini juga bisa ditumbuk dan dioleskan pada bagian sendi yang terasa sakit.

2. Kunyit

Semua orang tahu bahwa kunyit mengandung sifat antiinflamasi karena kandungan kurkumin. Ada baiknya Anda meredakan peradangan pada sendi yang mengalami pengkristalan asam urat dengan rajin mengkonsumsi kunyit dalam bentuk minuman hangat.

3. Cuka apel

Anda yang cemas dengan konsumsi obat-obatan kimia untuk menyembuhkan rasa sakit pada sendi, sebaiknya coba memilih produk alami berupa cuka apel. Cuka apel memiliki fungsi alkalisasi urin sehingga proses pembuangan asam urat dalam tubuh bisa lebih optimal. Jika tidak suka sensasi asam dari cuka apel, Anda bisa menambahkan madu pada dua sendok cuka apel yang bisa dikonsumsi secara rutin. Namun, ada baiknya konsultasi dengan dokter terkait bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes.

4. Meniran hijau

Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan konsumsi meniran hijau adalah batu ginjal, termasuk meredakan rasa peradangan pada sendi Anda. Mengkonsumsi obat herbal berupa meniran hijau yang direbus dengan air dipercaya bisa membantu pembuangan kristal asam urat.

Pastikan tubuh Anda tidak memiliki riwayat penyakit yang konsumsi obat dari dokter atau tidak ada reaksi alergi pada meniran hijau. Supaya lebih yakin mengkonsumsi obat herbal, ada baiknya tanya pada dokter terkait kesehatan Anda tersebut.

5. Teh dandelion

Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan jurnal Reinal Failure pada tahun 2016 lalu, bahwa ekstrak bunga dandelion bisa menurunkan kadar asam urat. Bila kadar asam urat di dalam tubuh stabil, maka Anda bisa menekan risiko mengalami penyakit batu ginjal. Apalagi usia yang semakin menua sehingga proses degeneratif organ tubuh terus berlangsung, Anda harus mencegah risiko kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat mulai sekarang.

Faktor usia menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan kadar asam urat meningkat pada lansia. Orang dewasa yang mengkonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi lebih rentan mengalami risiko asam urat pada usia produktif. Cari tahu gejala asam urat yang tinggi sebagai pertanda bahwa Anda harus mengevaluasi gaya hidup selama ini. Konsumsi makanan bernutrisi dan susu kalsium untuk orang tua yang butuh minuman dengan serat pangan tinggi, tapi tetap aman menjaga kadar kolesterol dan bisa mencegah penyakit degeneratif, ya!

 

Sumber

https://hellosehat.com/muskuloskeletal/radang-sendi/obat-asam-urat-alami/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *